Halaman

Inilah Problem Gigi Paling "Nge-tren"

Gigi (Teeth)

Gigi berlubang dan napas tidak segar merupakan jenis permasalahan utama gigi dan mulut yang paling sering ditemui para dokter gigi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Masalah gigi lainnya adalah noda pada gigi, email gigi lemah, pembengkakan gusi, penumpukan plak, penumpukan tartar, sera permasalahan bakteri.

Demikian menurut hasil survei yang dilakukan Pepsodent kepada para dokter gigi di Perancis dan Yunani. Di Indonesia, menurut drg.Arma Sastra Bahar, masalah gigi dan mulut lebih banyak terjadi akibat masyarakat tidak menganggap masalah gigi sebagai hal yang serius.

"Mereka tahu penyebabnya dan tahu cara pencegahannya tapi tidak dilakukan," katanya.

Masyarakat juga belum terbiasa memeriksakan giginya bila tidak ada keluhan.
"Misalnya radang gusi yang sangat banyak terjadi. Seringkali orang tidak menyadari karena penyakit ini tidak memberikan rasa sakit," kata ahli kedokteran gigi pencegahan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini.

Awalnya, radang gusi terjadi karena penumpukkan plak, kemudian menjadi tempat berkembang biak kuman sehingga mengiritasi gusi dan terjadi infeksi. Gigi lalu bengkak, mudah berdarah, kadang sakit dan akhirnya goyang bahkan lepas.

Tindakan pencegahan masalah gigi dan mulut sebenarnya sederhana, yakni menyikat gigi dengan sempura dua kali sehari dengan pasta gigi yang membantu perlindungan maksimum pada gigi.

Editor: acandra
Sumber: Kompas.com