Halaman

Sindroma Nefritik Kronik

DEFINISI
Sindroma Nefrotik Kronik (Glomerulonefritis kronis) adalah suatu kelainan yang terjadi pada beberapa penyakit, dimana terjadi kerusakan glomeruli dan kemunduran fungsi ginjal selama bertahun-tahun.


PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui. Pada 50% penderita ditemukan glomerulopati sebagai penyebabnya, meskipun tidak pernah timbul gejala-gejalnya.


GEJALA
Selama bertahun-tahun, sindroma ini tidak menimbulkan gejala. Sindroma ini berkembang secara bertahap, sehingga tidak dapat ditentukan kapan tepatnya penyakit ini mulai timbul.

Seseorang yang merasa sehat, memiliki fungsi ginjal yang normal dan tidak menunjukkan tanda-tanda sindroma nefrotik kronik, diketahui menderita penyakit ini ketika menjalani pemeriksaan kesehatan rutin, yang menunjukkan adanya protein dan kemungkinan sel darah di dalam air kemihnya.

Penderita lainnya bisa mengalami gagal ginjal yang menyebabkan:
- mual
- muntah
- sesak nafas
- gatal-gatal
- kelelahan.

Bisa terjadi penimbunan cairan (edema) dan sering ditemukan tekanan darah tinggi.


DIAGNOSA
Urinalisis (analisa air kemih) menunjukkan adanya protein, darah atau beberapa kelainan lainnya. Rontgen dada bisa menunjukkan adanya cairan yang berlebihan. USG ginjal, CT scan ginjal atau IVP menunjukkan pengkisutan ginjal. Biopsi ginjal bisa menunjukkan salah satu bentuk glomerulonefritis kronis atau pembentukan jaringan parut yang tidak spesifik pada glomeruli.


PENGOBATAN
Pengobatan tergantung kepada penyebab penyakit serta jenis dan beratnya gejala. Tujuan utama dari pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala-gejalanya. Untuk mengendalikan tekanan darah tinggi diberikan obat anti-hipertensi dan pembatasan asupan garam, cairan serta protein. Untuk mengatasi gagal ginjal dan memperpanjang harapan hidup penderita, dilakukan dialisa atau pencangkokan ginjal.