Halaman

Pneumonia Karena Hemophilus Influenzae

DEFINISI
Pneumonia Karena Hemophilus influenzae adalah peradangan paru-paru akibat Hemophilus influenzae. Hemophilus influenzae adalah bakteri, bukan virus influenza yang menyebabkan flu. Hemophilus influenzae jenis b adalah jenis yang paling mematikan dan menyebabkan penyakit yang serius, (termasuk meningitis, epiglottitis dan pneumonia), biasanya pada anak berumur kurang dari 6 tahun.

Setelah secara luas digunakan vaksin Hemophillus influenzae tipe b, maka penyakit berat yang disebabkan oleh bakteri ini jarang terjadi. Peumonia sering terjadi pada orang Amerika asli, Eskimo, kulit hitam, penderita anemia sel sabit dan penderita gangguan sistem kekebalan.


PENYEBAB
Bakteri Hemophilus influenzae.


GEJALA
Tanda-tanda adanya infeksi adalah bersin dan hidung meler, yang diikuti dengan gejala khas pneumonia seperti demam, batuk berdahak dan sesak nafas. Sering terjadi pengumpulan cairan di ruang pleura (efusi pleura).


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan laboratorium (biakan dahak).


PENGOBATAN
Untuk mengobati pneumonia Hemophilus influenzae tipe b digunakan antibiotik.


PENCEGAHAN
Vaksinasi untuk Hemophilus influenzae tipe b, dianjurkan untuk diberikan kepada anak-anak. Vaksin diberikan dalam 3 dosis, yaitu pada usia 2, 4 dan 6 bulan.